Secara global, umat Islam dikenal sebagai komunitas dermawan, yang giat menyumbangkan sebagian dari rezekinya untuk tujuan sosial dan keagamaan. Akan tetapi kebiasaan baik ini ternyata menimbulkan sedikit kesalah pahaman yang harus dikoreksi, terutama dalam peningkatan tingkat transparansi dan pengelolaan hasil donasi. Dengan hal ini, penyaluran volume donasi yang tinggi akan membawa dampak positif yang setimpal pada penerima dan mereka yang sedang berjuang untuk keluar dari kemiskinan dan keputusasaan.

Platform baru ini, mysadaqah.id, berusaha untuk menampilkan berbagai campaign sosial dan religi dari komunitas Muslim terbesar di dunia, yang berbasis di Indonesia. Komunitas rural yang beranggotakan delapan juta yang dirangkul oleh Uztaz Yusuf Mansur; sosok figur inspiratif yang mahir dalam berdakwah, bersosialisasi, dan berniaga di era komunikasi digital.

Melalui Visi beliau dan bantuan dari rekan – rekan yang terhubung melalui media komunikasi modern, komunitas jamaah telah berhasil mengumpulkan kontribusi masyarakat untuk disalurkan pada sebaigan besar campaign yang memberikan dampak positif bagi jutaan keluaga berpenghasilan rendah di Indonesia.

Platform donasi baru ini adalah bentuk kerjasama antara Ethis Ventures, pelopor Islamic Crowdfunding di Singapura, (dan) aplikasi pembayaran lokal, PayTren, yang sebelumnya telah hadir telebihdahulu pada tahun 2013 oleh Ustaz Yusuf dan Bapak Hari Prabowo yang kini telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna terdaftar.

Peran Islamic social financing (Pendanaan Sosial Syariah) dalam menghubungkan donatur potensial dengan isu kemanusiaan akan meningkatkan ketahanan dan pembangunan kapasitas adaptif bagi masyarakat pra-sejahtera. Kita telah mengenal Zakat sebagai salah satu medium yang memiliki potensi untuk menanggulangi kemiskinan dan meringankan bebah mereka yang kurang beruntung. Crowdfunding adalah cara yang ampuh untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan ini, yang mewujudkan mekanisme revolusioner untuk mengangkat masyarakat secara global.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *